Sabtu, 24 September 2011

Materi Kuliah dan KONTRAK BELAJAR Ilmu Budaya Dasar Kelas A

Slamat Datang Mahasiswa Baru.
Semangat Baru kalian dalam belajar insya Allah membuka simpul-simpul kesulitan dan derasnya arus ilmu dalam hati dan pikiran kalian. Mari kita mulai pembelajaran dengan:
بسم الله الرحمن الرحيم
Materi Ilmu Budaya Dasar (IBD) ini merupakan materi yang baru, baik baru bagi kalian (mahasiswa) dan baru juga bagi saya (sbg Dosen). Menghadapi materi yang baru ini, kita harus mempersiapkannya dengan baik.
Sebagai patokan materi perkuliahan ini, saya memakai buku IBD (Ilmu Budaya Dasar) untuk IAIN, STAIN dan PTAIS yang disusun oleh Drs. H. Ahmad Mustofa. Buku ini terdiri dari 10 Bab yang akan menjadi materi pembelajaran kita dalam 10 pertemuan mendatang.
Masing-masing Bab mempunyai tujuan pembelajaran sebagai berikut:
1.      Bab I       Latar Belakang IBD
2.      Bab II      Konsepsi IBD dalam Kasusasteraan, Seni Rupa dan Seni Musik.
3.      Bab III    Konsepsi IBD dalam Agama
4.      Bab IV    Konsepsi IBD dalam Filsafat
5.      Bab V      Konsepsi IBD dalam Keindahan
6.      Bab VI    Konsepsi IBD dalam Hubungan Manusia dan Cinta Kasih, Penderitaan dan Keadilan
7.      Bab VII   Manusia dan Pandangan Hidup
8.      Bab VIII Manusia dan Tanggung Jawab
9.      Bab IX    Manusia dan Kegelisahan-Ketentraman
10.  Bab X      Manusia dan Harapan
Mengingat IBD merupakan MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) yang menjadi landasan bagi Mata Kuliah lain yang ada dalam kurikulum Tarbiyah PBA. Maka Mata Kuliah IBD dalam Prodi PBA Tarbiyah ini seharusnya memiliki nuansa Arabic. Pemberian nuansa Arabic ini bertujuan agar mahasiswa lebih familiar (akrab) dengan materi yang akan dipelajarinya nanti dalam Mata Kuliah-Mata Kuliah selanjutnya.
Untuk itu, agar tema-tema dalam Bab-Bab tersebut kental dengan nuansa budaya Arab, maka  tema tersebut disajikan dengan meneliti Budaya Arab. Dalam praktiknya, Mahasiswa memahami materi yang ada dalam bentuk Rangkuman, kemudian di-refleksi-kan pemahamannya dalam kebudayaan Bangsa Arab.
Misal: Bagaimana kasusateraan Arab, Agama-Agama apa saja yang dianut bangsa Arab atau bagaimana agama non-Islam bisa masuk ke Arab. Bagaimana pandangan hidup orang Arab terhadap keindahan, nama baik, harga diri, kebahagiaan, arsitektur (bangunan), sastra, dst.
Untuk itu dibutuhkan materi lain (di luar buku ajar) tentang kebudayaan Bangsa Arab. Silahkan mencari literatur2 dalam perpustakaan, media internet (pakai Google), atau bertanya kepada dosen2 Bahasa Arab atau dosen lulusan Timur Tengah (hubungi UPB).
Untuk menjaga agar pembelajaran mendatang tampil lebih aktif, atraktif (menarik) dan dinamis, dalam Mata Kuliah IBD ini mahasiswa diminta membuat dan mempresentasikan makalah (dalam bentuk power point) yang bersumber dari buku tersebut. Sebagai tambahan, setiap Bab diwajibkan membuat 50 soal-jawab dengan format multiple choice (pilihan ganda).
Secara teknis setiap kelas diminta membuat kelompok berdasarkan jumlah Bab yang ada dalam buku tersebut, yang dikoordinir oleh Ketua Kelas.
Ketua Kelas A : Khamid (NIM. 2022111024) HP (081901213266)
Berdasarkan koordinasi Ketua Kelas, untuk Kelas A, pembagian kelompok mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD), sebagai berikut:
Kelompok 1:
  1. Khamid
  2. Uswatun Hasanah
  3. Abdus Syakur
  4. Heri
  5. Ahmad Al-Hasyimi
  6. Abdul Hafiz
tugasnya membuat Makalah berdasarkan rangkuman atas 
Kelompok 2:
  1. Randi Faizal
  2. Zaenal Abidin
  3. Lutfi
  4. Evi Shofia Rifqiyani
  5. Laili Widayanti
tugas: ..........................................
  • Bab II Konsepsi IBD dalam Kasusasteraan, Seni Rupa dan Seni Musik
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 3
  1. Raji Hermawan
  2. Rizqi Mardhotillah
  3. Amilatun Naimah
  4. Dewi Fatimatu Yusro
  5. Muhammad Kholilurrohman
tugas: membuat Makalah berdasarkan rangkuman pada 
  • Bab III Konsepsi IBD dalam Agama
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)

Kelompok 4
  1. Nur Nadhifah
  2. Khirun Nafi’izzuddin
  3. Arinil Khusna
  4. Faila Sufah
  5. Imam Agus Prasetyo
tugas: membuat Makalah berdasarkan rangkuman pada: 
  • Bab IV Konsepsi IBD dalam Filsafat
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 5
  1. Triwulan
  2. Ahmad Abdul Usmansyah
  3. Mahdiah Ilva
  4. Dewi Refiyanti
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab V Konsepsi IBD dalam Keindahan
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)

Kelompok 6
  1. Mukhoyaroh
  2. Widiyastuti
  3. Nurul Habibah
  4. Musbihatun Nisa
  (HARAP SEGERA DIBENTUK KELOMPOKNYA)
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab VI Konsepsi IBD dalam Hubungan Manusia dan Cinta Kasih, Penderitaan dan Keadilan
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 7
  1. Arofatus Sa’diyah
  2. Nurul Hidayah
  3. Kartini
  4. Adilatul Ismah
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab VII Manusia dan Pandangan Hidup
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 8
  1. Risna
  2. Nestiti Sunarti
  3. Syafilatun Nida
  4. Siti Maisaroh
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab VIII Manusia dan Tanggung Jawab
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 9
  1. Khulasoh
  2. Melina Yenilistiani
  3. Izzati
  4. Tri Khusniah
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab IX Manusia dan Kegelisahan-Ketentraman
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)
Kelompok 10
  1. Isma Nurdiansah
  2. Khikmatul Jannah
  3. Kustianingsih
  4. Muhammad Iqbal
  5. Muhammad Aziz
tugas: mempresentasikan Makalah yang berjudul ..........................................................
  • Bab X Manusia dan Harapan
  • + (plus) membuat 50 Soal-Jawab dari masing-masing Bab (Multiple Choice)

KONTRAK BELAJAR
dalam Kontrak Belajar tersebut didapat kesepakatan sbb:
1.      Mekanisme Penilaian, diambil dari 3 faktor dengan prosentase sbb
·         Presention (kehadiran), sebanyak 20%
·         Presentasi (yang menjadi nilai UTS), sebanyak 40%
·         Ujian Akhir Semester (UAS), sebanyak 40%
2.      Mahasiswa yang menjadi Audience (Mustami') dapat memberikan penilaian terhadap hasil presentasi Mahasiswa Pemateri.
3.      Mahasiswa Pemateri yang tidak  mengikuti presentasi, penilaiannya tergantung pada kesepakatan teman-teman pematerinya.
4.      Ujian akhir secara online.

kontrak belajar kelas A disepakati jam 9.38 Hari Senin, 19 Sept 2011.


0 comments:

Posting Komentar