1.
Salah satu karakteristik berfikir filsafat
adalah spekulatif. Jelaskan maksudnya! Dan
bagaimana pula implementasinya dengan sifat/karakter ilmu yang mempelajari
Pancasila yang spekulatif tersebut.
2.
Dalam
mempelajari filsafat Pancasila
sebagai induk ilmu pengetahuan, diperlukan 3 (tiga) sub-keilmuan
filsafat, yakni: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Soal:
a.
Jelaskan ontologi
Pancasila!
b.
Jelaskan epistemologi
Pancasila!
c.
Jelaskan aksiologi
Pancasila!
3.
Dalam
mengkonsepsikan identitas, berdasarkan pola pergaulan sosialnya, setidaknya ada
3, yakni: identitas lokal
(daerah); identitas nasional dan
identitas global. Soal:
a.
Jelaskan
ketiga identitas tersebut!
b.
Bagaimana
kita mengembangkan ketiga pola identitas tersebut secara bijak, mengingat ketiga
identitas tersebut mempunyai hubungan yang saling mempengaruhi (bahkan
menghancurkan identitas lain)?
c.
Unsur identitas
nasional apa saja yang termaktub dalam UUD 1945 hasil
amandemen? Sebutkan pasalnya!
d.
Dalam
mewujudkan identitas nasional diperlukan integrasi nasional. Apa maksudnya?
4.
Dalam
sejarah, terdapat beberapa negara kesatuan yang tidak mampu lagi mempertahankan
kesatuan negara tersebut, misal: Yugoslavia (almarhum), yang dulu merupakan
penyatuan dari etnik bosnia, Serbia dan croatia. Serta Chekoslovakia yang
kemudian terpecah menjadi Cheko dan Slovakia. Soal:
a.
Menurut anda kegagalan
mempertahankan negara kesatuan tersebut karena apa? Jelaskan!!
b.
Hal yang sama
mungkin (semoga tidak) bisa terjadi pada Indonesia. Menurut anda, hal-hal apa yang perlu dihindari
agar nasib serupa tidak dialami negara yang tercinta ini?
c.
Apakah
munculnya fundamentalisme berdasarkan
agama yang memaksakan berlakunya hukum agama
bisa menghancurkan negara
ini? jelaskan
5.
Negara
mempunyai karakteristik (sifat) memaksa, memonopoly dan mencakup
semua. Hal itu sangat terlihat sekali dalam penerapan peraturan perundang-undangan. Jelaskan
6.
Negara
mengakui keberadaan HAM warganya. Pertanyaannya:
a.
Di manakah pengaturan tentang pengakuan
tersebut?
b.
Bisakah negara
melanggar HAM?
c.
Bila ada konflikHAM,
kemana kita mengajukan pengaduan?
7.
Lagi-lagi
konflik horisontal antar kelompok bangsa terjadi. Pada tanggal 9 Mei TAHUN INI
di Yogyakarta, sekelompok ormas yang mengatasnamakan Majelis Mujahidin
Indonesia (MMI) merusak dan membubarkan paksa komunitas intelektual yang
mendiskusikan buku (bedah buku) Irshad Manji yang berjudul “Allah, Liberty, and
Love”(LKiS). Mereka menuduh aktivitas kelompok diskusi tersebut merupakan upaya
penodaan agama. Sedangkan intelektual menganggap hal tersebut pelanggaran HAM. Sedangkan
intelektual menganggap hal tersebut pelanggaran HAM. Pertanyaannya:
a.
Bagaimana
sikap dan pandangan anda tentang HAM dan penodaan agama? (Sejauhmana
HAM bisa menodai agama dan sejauhmana dengan alasan penodaan agama, kita boleh melakukan
pelanggaran HAM?)
b.
Apakah yang
dilakukan ormas tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM?
Jika ya, melanggar hak apa? Dan tercantum dalam pasal berapa
dalam peraturan perundang-undangan?
8.
Indonesia
sudah sejak lama (mulai merdeka) memakai demokrasi sebagai alat pembangunannya.
Pertanyaannya:
a.
Ada berapa tipe
demokrasi yang pernah dipakai di Indonesia? Sebutkan!
b.
Apakah
demokrasi yang benar-benar didasarkan nilai-nilai Pancasila pernah
dilakukan? Kapan? Dan bagaimana dengan kondisi kemerdekaan rakyat
dalam mengeluarkan pendapat dan suaranya?
9.
Dalam
mewujudkan welfare state (negara kesejahteraan) kita mendasarkan diri
pada institusi hukum. Pertanyaannya:
a.
Bagaimana
jika kebijakan kita serahkan bulat-bulat pada penguasa?
b.
Dan mengapa
kebijakan itu harus dituangkan dalam bentuk hukum yang mengikat baik penguasa
maupun warganya?
c.
Bilamana
penguasa (pemerintah) kita melanggar hukum, bagaimana upaya hukum kita untuk
menuntut keadilan?
10.
Konsepsi negara
hukum, secara sejarahnya ada 2 konsep, yakni rule of law dan rechtstaat.
Pertanyaannya:
a.
Sebutkan asal
dari masing-masing 2 konsep negara hukum tersebut?
b.
Bagaimana
wujud nyata dari masing-masing konsepsi negara hukum tersebut?
c.
Apakah Indonesia menganut salah satu atau
keduanya dari tradisi hukum tersebut? Jelaskan!
11.
Untuk
mewujudkan rule of law, di mana
seluruh warganya taat pada hukum, maka dalam dinamika perubahan, pembangunan dan
keadilan dalam masyarakat, di Indonesia hal ini diwujudkan dalam dua bentuk,
yakni: (1) kebijakan yang dimanifestasikan dalam bentuk peraturan
perundang-undangan yang tersusun secara hierarkhis; dan (2) jurisprudensi,
pertanyaannya:
a.
Gambarkan
hierarkhi peraturan perundang-undangan di Indonesia?
b.
Apa yang
dimaksud dengan jurisprudensi? Dan jurisprudensi itu menangani apa?
12.
Bila
diumpamakan politik nasional sebagai lintasan yang dipilih untuk balapan dan
strategi nasional sebagai macam-macam manuver yang dilakukan pembalap untuk mencapai
finish terdepan, maka .........:
a.
kira-kira
bagaimana politik nasional negara kita? Politik nasional erat kaitannya dengan
tujuan nasional, lalu apa yang menjadi tujuan nasional negara kita dan
tercantum dimanakah tujuan nasional kita tersebut?
b.
Bagaimana
pula strategi nasional negara kita, agar menjadi yang terdepan dalam persaingan
global?
c.
Pengaturan
politik nasional dan strategi nasional tersebut diimplementasikan dalam
pembuatan kebijakan-kebijakan yang hierarkhis (terstratifikasi) untuk mengelola
seluruh potensi negara ini. Kebijakan tersebut jg terstratifikasi dalam
hierarkhi peraturan perundang-undangan. Gambarkan dan jelaskan hierarkhi norma tersebut!
d.
Bila dalam
pembuatan kebijakan antar pejabat negara ternyata tidak padu atau bahkan saling
bertentangan, bisakah negara ini mencapai tujuan nasional yang ditetapkannya?
jelaskan
13.
Di era
otonomi daerah ini, pemerintah pusat tidak lagi mengurusi kedaulatan negara
yang bisa dilakukan pemerintah daerah. Untuk itu pemerintah pusat melakukan
desentralisasi dan dekonsentrasi ke daerah-daerah dengan memberinya otonomi.
a.
Kedaulatan
mana yang menjadi wewenang (otonomi) pemerintah daerah? Jelaskan dengan contoh
b.
Kedaulatan
manakah yang masih menjadi wewenang pemerintah pusat? Jelaskan dengan contoh
14.
Secara geografis
Indonesia merupakan negara kepulauan (archipelago). Pertanyaan:
a.
Apa kelebihan
dan kelemahan tipikal wilayah seperti ini? Jelaskan
b.
Apa tantangan/bahaya
yang potensial muncul berkaitan dengan tipikal archipelago tersebut?
15.
Tantangan geopolitik
sekarang ini tidak lagi terpaku pada pertahanan wilayah dalam menjaga
kedaulatan dari luar maupun konflik internal dari dalam negeri. Paradigma global
sudah berubah. Dalam menjaga kedaulatan negara, tidak melulu difokuskan pada
ketahanan wilayah saja, tapi juga kedaulatan manusianya (penghuni negara),
dimana kebutuhan esensiil warga seperti kesejahteraan (ekonomi), energi dan
pangan, sangat penting untuk diprioritaskan dalam pembangunan dan pertahanannya.
Untuk itu, kita telah mempunyai Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang mengatur tentang
upaya pensejahteraan dengan memberdayakan potensi sumber daya alam. Aturan dalam
pasal tersebut merupakan payung hukum konstitusional bagi lahirnya
kebijakan-kebijakan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di bawahnya.
Oleh karena itu:
a.
Sebutkan kebijakan
(aturan perundang-undangan) yang mengatur tentang ekonomi, energi dan pangan (cari
literatur di internet atau kepustakaan)
b.
Berdasarkan kebijakan
tersebut di atas, apakah pengaturan tersebut telah sesuai dengan Pasal 33 ayat
(3) UUD 1945 tersebut di atas?
c.
Apakah kebijakan
di atas telah memberikan perlindungan bagi kepentingan rakyat akan
kesejahteraan, terpenuhinya kebutuhan energi dan pangan mereka?
d.
Bagaimana implementasinya
di lapangan (yang dirasakan oleh rakyat)? Bagaimana sikap anda?
16.
Dalam menerapkan
nilai-nilai Pancasila, kita memandang bahwa Pancasila merupakan ideologi
terbuka. Pertanyaan:
a.
Mengapa harus
terbuka? Apa alasannya
b.
Bila kita
berpatokan pada paradigma bahwa Pancasila adalah ideologi Tertutup, apa yang kan
terjadi?
17.
Dalam implementasi
keterbukaan interpretasi nilai-nilai Pancasila, kita membaginya dalam 3 level,
yakni Pancasila sebagai Nilai Dasar, Pancasila sebagai Nilai Instrumental, dan
Pancasila sebagai Nilai Praksis. Pertanyaannya:
a.
Apa wujud
nyata dari Pancasila sebagai Nilai Dasar
b.
Apa wujud
nyata dari Pancasila sebagai Nilai Instrumental
c.
Apa wujud
nyata dari Pancasila sebagai Nilai Praksis
18.
Dalam mengembangkan
kehidupan beragama yang Pancasilais, sebaiknya kita menghargai keyakinan dan
peribadatan yang berbeda. Tugas pemerintah adalah menjamin kebebasan beragama. Namun
di sisi lain, bila kita melihat hanya dari kaca mata agama tertentu saja, dapat
dipastikan orang lain yang berbeda keyakinan dengan kita adalah sesat. Kedua pandangan
di atas yang saling bertolak belakang, terdapat sumber potensi konflik yang sewaktu-waktu
bisa pecah.
a.
Meskipun kita
memandang bahwa ajaran agama pemeluk agama/keyakinan lain adalah sesat, lalu
bagaimana sikap kita jika kita bertetangga atau bergaul dengan dia?
b.
Apakah hal yang
sama berlaku untuk penganut Ahmadiyah? Atau kita menganggap keyakinannya mereka
merupakan penodaan terhadap agama? Dan Apakah Tuhan merasa ternoda dan terhina
jika seluruh umat manusia ini kafir kepada-Nya?
19.
Apa yang dimaksud
dengan konstitusi? Dalam kehidupan negara, konstitusi diwujudkan dengan adanya apa?
Apa peran penting (tujuan) adanya konstitusi dalam sebuah negara? Beri contoh
20.
Apakah kontitusi
bisa berubah?. Jika Ya, bagaimana mekanisme perubahannya? Apakah perubahannya
sebagian atau seluruhnya (ganti baru)?
21.
Mengapa secara
prinsipil ada bagian-bagian tertentu dari konstitusi kita yang tidak akan diubah
secara keseluruhan (masih dipertahankan)? Apa saja yang menjadi komitmen
bersama untuk tetap dipertahankan?
22.
Batas kewenangan
penguasa dan hak warga negara diatur dalam konstitusi. Pertanyaannya:
a.
Menurut konstitusi
kita (NKRI), siapa saja yang menjadi penguasa dan apa tugasnya?
b.
Menurut konstitusi
kita (NKRI), Apa saja yang menjadi hak warga negara? Ada dalam pasal berapa?
so'alnya keren
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
bang , sama isinya dong pliss !!!
BalasHapusjawabannya mana?
BalasHapusharusnya sama jawabannya biar mudah dipahami dalam memehami pendidikan kewarganeraan.
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapussetreees.... kebo item... aki motor.... opo iki
BalasHapusJawabannya ada ga ya pak?
BalasHapus