Jumat, 17 Februari 2012

Hukum Perkawinan Sem. Genap (2011-2012): Informasi ttg Materi Kuliah - Kelompok


Perkuliahan mendatang saya rancang untuk lebih memberi ruang bagi mahasiswa untuk berlatih menganalisa, memaparkan dan mendiskusikan masalah-masalah PKN. Masalah-masalah tersebut berusaha saya kelompokkan dalam 10 Tema yang merupakan isu bahasan utama perkuliahan ini, yakni:
  1. Pengertian Pekawinan
  2. Dasar Perkawinan
  3. Persyaratan Perkawinan
  4. Larangan, Pencegahan dan Pembatalan
  5. Tata Cara Perkawinan
  6. Kedudukan Suami-Istri dan Harta
  7. Kedudukan Anak, Orang Tua dan Perwalian
  8. Putusnya Perkawinan dan Akibatnya
  9. Hukuman Perkawinan
  10. Masalah Perkawinan (dari bukunya M. Anshary MK)
Untuk menunjang upaya tersebut, anda dapat mengambil dari berbagai sumber baik dari buku atau sumber lain (artikel, karya ilmiah, berita di koran, internet dan lain sebagainya). Salah satunya adalah Buku yang berjudul hukum perkawinan indonesia, yang disusun oleh Hilman Hadikusuma, dibantu bukunya Ansyari MK.
10 tema tersebut diharapkan dapat dirampungkan dalam 10 pertemuan mendatang. Untuk itu saya minta supaya mahasiswa membentuk kelompok-kelompok (10 kelompok) yang nantinya bertugas memaparkan dan memimpin jalannya diskusi atas isu-isu yang ada dalam masalah PKn tersebut di atas.
Sebelum diskusi tersebut dimulai, diharapkan masing-masing kelompok untuk:
  • 1.      me-resume pokok-pokok bahasannya dalam format Power Point; dan
  • 2.      membuat 10 soal-jawab dari isu bahasannya.
Setelah selesai dikumpulkan (dikirim) ke email saya di pakiwandosenstain@gmail.com sebelum tanggal 24 Februari 2012 (dikerjakan selama + 2 minggu). Hasil kiriman tugas tersebut akan saya unggah dalam website saya ini, agar materi kuliahnya dapat diunduh (download) oleh peserta diskusi yang lain. Dengan cara demikian diharapkan materi kuliah lebih cepat tersebar atau diperoleh mahasiswa.

Sedangkan untuk nama peserta Kelompok diharapkan telah dikirim oleh pengurus kelas ke email di atas dalam minggu ini (sebelum hari Minggu,19 Feb 2012).

Untuk itu, pada pertemuan mendatang (2 minggu/24 Feb 2012) mendatang diharapkan telah tersusun format kelompok beserta tugasnya berikut link file document yang menjadi tugasnya, sebagai berikut:

KELAS H
1.      Kelompok 1 tentang Pengertian Pekawinan
Anggota Kelompok:
  1. ........................................
  2. ........................................
  3. ........................................
  4. ........................................
  5. ........................................
Tugas: (bila telah mengumpulkan (mengirim via email) dan diunggah, maka item tugas akan berubah warna sebagai tanda hyperlink, akan dapat langsung di-download)

Dst......................


















0 comments:

Posting Komentar