Rabu, 13 Juli 2011

PENELITIAN MASYARAKAT: Menemukan Informasi Berharga tentang sebuah Komunitas

oleh Phil Bartle, PhD
Pengantar Modul (Hub)
Termasuk dalam Dokumen Modul Penelitian Masyarakat
  1. Penelitian Sosial untuk mobilisator, praktis, diterapkan dan tujuannya;
  2. Komunitas Research, organisasi sosial masyarakat;
  3. Mobilisator Metode Penelitian, mendapatkan data awal;
  4. Pertanyaan Penelitian, apa mobilisator harus meminta;
  5. Menjaga Catatan, Informasi pengelolaan;
  6. Survei Sumber Daya Masyarakat internal, apa yang tersedia untuk digunakan? dan
  7. Survei Sumber Daya Eksternal, apa yang bisa masyarakat dapatkan dari luar?
Apa penelitian perlu dilakukan?
Modul ini menunjukkan jenis penelitian perlu dilakukan untuk mendukung mobilisasi, dan menawarkan beberapa panduan tentang cara untuk pergi tentang melakukan penelitian itu. Hal ini penting langsung untuk mobilisator, dan memberikan kontribusi untuk sistem informasi manajemen yang dibutuhkan oleh manajer mobilisasi.
Pada dasarnya, ada dua jenis utama penelitian yang penting untuk mobilisasi masyarakat:
  1. penelitian yang dilakukan oleh mobilisator sehingga untuk mempersiapkan strategi pemberdayaan yang paling efektif (fokus dari modul ini), dan
  2. penilaian partisipatif dilakukan oleh masyarakat (dipandu oleh mobilisator) sebagai elemen penting dari partisipasinya dalam memilih, merancang, melaksanakan dan memantau proyek-proyek masyarakat.
Informasi yang dihasilkan oleh kedua jenis penelitian perlu dicatat secara sistematis, sehingga dapat diambil sesuai kebutuhan, sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat daerah. Tanpa sistem untuk mengelola informasi, waktu dan upaya penelitian akan terbuang dengan duplikasi, inkonsistensi dan informasi yang tidak lengkap.
Serta penelitian ini menjadi bagian penting dari Siklus Mobilisasi, perlu menjadi bagian dari Pengelolaan Program Mobilisasi. Dokumen dalam modul ini meliputi
Mobilisator Metode Penelitian berkonsentrasi pada penelitian awal yang akan dilakukan mobilisator, mencari tahu, misalnya, apa yang akan diterima dan sesuai perilaku untuk mencari tahu informasi yang diperlukan untuk memobilisasi.
Pertanyaan Penelitian memberikan daftar awal jenis pertanyaan mobilisator perlu jawaban untuk mengatur masyarakat untuk membantu diri sendiri.
Kertas, Menjaga Records, memperkenalkan mobilisator dan manajer kebutuhan untuk menjaga jejak kertas, dan menyimpan informasi dengan cara yang memungkinkan pengambilan yang cepat dan efektif bila diperlukan.
Survei Sumber Daya Masyarakat internal daftar sumber-sumber potensial yang komunitas bisa digunakan, dan yang mobilisator harus menilai terlebih dahulu kepada anggota komunitas terkemuka melalui penilaian partisipatif.
Survei Sumber Daya Eksternal mengingatkan pembaca tentang bahaya pemikiran mendorong ketergantungan dengan mengandalkan terlalu banyak pada sumber-sumber eksternal, kemudian menjelaskan sumber-sumber pemerintah dan non pemerintah dan bagaimana mereka dapat disadap.

0 comments:

Posting Komentar